Rabu, 19 November 2008

Renungan












































Sebenarnya tulisan ini nggak ada hubungannya sama foto sih, cuman kayaknya masih ada hubungannya, ya agar supaya kita dan saya ingat selalu sama Allah SWT dan selalu menjalankan perintahNYA dan menjauhi dan tidak melakukan laranganNYA.

Pas bulan puasa kemarin, kebetulan sholat tarawih neng masjid Al Amin di daerah bareng kartini, selepas sholat Isya diampaikan sedikit ceramah dengan mengambil kisah dari Imam Al Ghazali.
Pada saat itu Al Ghazali mengajukan empat pertanyaan kepada murid-muridnya, dia bertanya pekerjaan apa yang paling susah untuk ditinggalkan lalu pekerjaan apa yang paling mudah untuk ditinggalkan, yang kedua kegiatan apa yang paling jauh dan kegiatan apa yang paling dekat dengan kita
Para murid masih terdiam atas pertanyaan tersebut, hingga akhirnya belum ada yang menjawab pertanyaan tersebut, akhirnya sang gurupun menjawab pertanyaan tersebut. Dia menjawab bahwa pekerjaan yang peling susah untuk kita tinggalkan adalah pekerjaan yang berkaitan dengan hawa nafsu kita sebagai manusia, sedangkan yang paling mudah kita tinggalkan adalah pekerjaan yang berkaitan dengan perintah Allah SWT seperti sholat, puasa, zakat, dan sepertinya tidak ada beban untuk meninggalkannya, sedangkan kegiatan apa yang paling jauh, dia menjawab kegiatan masa lalu bab kita tidak akan bisa ke kembali walaupun 1 menit yang lalu dan waktupun terus berputar, sedangkan kegiatan apa yang paling dekat dengan kita jawabannya adalah kematian.
Wah iki kayaknya serem sih tapi menarik juga untuk kita sebagai bahan renungan, Insya Allah berguna buat diriku dan kita semua. Insya Allah, Amin ya robbal Alamin



























Tidak ada komentar: